Friday, March 5, 2010

The hurt locker: film yang sangat lebih yahud daripada avatar

Sebelum film dimulai, anda dikasi prolog "war is drug"

Ini film tentang seorang maniak penjinak bom. Kalo anda orang yang sangat tertarik dengan dunia adrenalin, percayalah, film ini sangat menggoda buat ditonton. Film ini g mamerin kecanggihan tekhnologi perfilman, g juga mamerin adegan melankolis yang serba lebay, g mamerin adegan seks. Film ini g terlalu banyak ngasi dialog-dialog berat yang meres otak, film ini semacam film dokumentasi dari dunia yang menggoda adrenalin. Film ini nyajiin dan mamerin adrenalin.

Bayangin anda seorang tentara yang ada di negara yang warganya punya tingkat kenekadan dan militansi tingkat tinggi, yang tiap hari siap meneror anda dengan serangan senjata. lalu diperparah lagi anda masuk anggota tim penjinak bom dengan komandan yang tingkat kenekadan dan militansinya sama tinggi dan g punya bakat memimpin plus cenderung g perduli ama anak buahnya....serem?merasa sakit jiwa?itu yang dialamin 2 orang anggota dari 3 anggota group penjinak bom angkatan darat amerika ini.

Kalo si komandan ini lahir di Indonesia, kita langsung bisa nyimpulin kalo dia itu hampir pasti anak surabaya yang bersifat bonek. Boneknya si komandan ini bukan sembarang bonek. Si komandan ini punya pengalaman njinakkin bom sebanyak 800an bom, dan dia secara g langsung ngaku ke anaknya kalo dia cinta kerjaanya yang nantang adrenalin dan hidupnya itu.

Ketegangan, nekad, dinginya dan manusiawinya si komandan ini benerbener ditampilin dengan pas, seringnya cuma dalam bentuk visual, g make dialog. Nonton ini kita benerbener ditantang buat mikir kontemplatif; nyeimbangin adrenalin kita dengan otak kita pas ngelakuin sesuatu.

No comments:

Post a Comment