Tuesday, June 29, 2010

Prosa cinta untuk kau

: R.E

Cobalah kau jatuh cinta, biar nanti kau tahu kenapa ibumu sangat cinta kau. Ibumu mungkin saja sudah purna dengan perasaan saat ini, tapi apa kau tahu berapa banyak perasaan yang ia rasakan saat ia seumuran kau, saat ia harus merasakan makna dan beberapa perasaan cinta. Cobalah jatuh cinta, kalahkan dirimu, karena kapan hari nanti kau akan menang dengan senyuman, dengan segala bentuk paripurna Budha, dengan segala bentuk paripurna ibumu yang cinta kau sampai tulang sumsum.

Cobalah jatuh cinta, biar nanti ibumu tahu jika kau memang titisanya dari Sang Agung. Karena kau tahu, kaulah penerus rahim ibumu, yang akan melahirkan anak-anak rohani, anak-anak Tuhan: yang tidak sekedar merasakan hidup manusia, tapi ia juga merasakan perasaan alam, perasaan hewan dan tumbuhan, perasaan angkasa, perasaan surga-neraka. Ia yang kelak akan meneruskan cinta adam-hawa, ayah-ibumu, dan ia yang akan meneruskan cintamu.

Cobalah jatuh cinta. Sebab cinta lebih sulit dari kuliah, lebih memuakkan dari mencari pekerjaan, lebih menjengkelkan dari hidup. Tapi cobalah jatuh cinta, sebab kau akan berada di pilihan paling benar untuk membuka dirimu, untuk menyatakan pada dunia jika kaulah manusia yang teguh dengan dirimu, yang tidak sekedar ilusi. Cobalah jatuh cinta agar kau makin kukuh dengan kakimu, dengan dirimu, sebab cinta adalah hal dasar untukmu saat kau menyembah Tuhanmu, sebab cinta adalah hal paling dasar saat kau berhubungan dengan manusia, sebab cinta adalah hal paling dasar saat kau berhubungan dengan alam.

No comments:

Post a Comment