Thursday, November 7, 2013

Suroloyo 1 suro 2013

Suroloyo adalah ketinggian bukit yang menyenangkan dan mengerikan. Saya ke suroloyo untuk melihat prosesi jamasan 1 suro. Satu suro adalah hari keramat bagi masyarakat yogyakarta. Dan masyarakat pulau jawa yang masih menganggap hari itu adalah hari keramat. Hampir di setiap titik yogyakarta yang masih mengikatkan dirinya dengan kerajaan hamengkubuwono, satu suro diperingati dengan berbagai ritual yang mementingkan laku jiwa-raga. Contoh yang paling umum adalah laku mubeng benteng kraton yogya. Di Suroloyo, satu suro diperingati dengan ritual jamasan pusaka pemberian kraton yogyakarta. Jamasan adalah membersihkan benda-benda yang dianggap sebagai pusaka di tiap tanggal satu suro. Jamasan di suroloyo adalah membersihkan dua benda pusaka pemberian kraton kepada warga dusun keceme. Benda pusakanya itu adalah ujung tombak yang dikasi nama Kyai Manggolo Dewa dan keris yang dikasi nama Songsong Manggolo Murti.


Suroloyo adalah nama puncak bukit tertinggi di perbukitan menoreh. Anda g asing dengan kata "menoreh"? Yop, inilah menoreh yang selalu ada di drama-drama dan cerita-cerita taun 70an yang legendaris itu. Dan suroloyo terkenal bukan karena menjadi latar tempat cerita-cerita taun 70an itu. Menurut legenda, suroloyo itu tempat tapa-semedinya Hamengkubuwono I yang legendaris itu saat dia masih jadi putra mahkota. Katanya, sebelum nyampe di suroloyo, si calon raja yang rebel ini dapet wangsit buat jalan kaki ke arah barat dari kerajaanya yang ada di kotagede. Dan karena orang ini jenis orang yang penurut, maka jalanlah dia ke arah barat tanpa tahu di mana titik akhirnya. Setelah jalan kaki berpuluh-puluh kilometer, perhatiin dengan seksama dan renungkan; jalan kaki, tu calon raja ngadem di puncak suroloyo. Eh, ndilalah pas ngadem di suroloyo ini, dia dapet wangsit lagi buat semedi di tempat itu. Maka bertapalah dia di puncak suroloyo sana setelah berjalan kaki dengan medan paling rebel yang pernah saya lewati di jaman modern ini. Yop, medang dari kota yogya buat ke puncak suroloyo itu berat, terutama di 15 kilometer terakhir. Walaupun jalan udah diaspal halus, walaupun banyak obyek wisata di radius 20kilometer dari situ, walaupun ada SD di pertengahan perjalanan, walaupun masyarakat udah banyak di sana, medan di sini menanjak dan bikin jantung deg-degan karena motor mesti ada di kondisi oke kalo ga pengen jadi orang konyol.

Jauh sebelum Raden Mas Rangsang dapet wangsit gokil itu, puncak suroloyo udah jadi legenda tersendiri bagi masyarakat hindu jawa kuno. Suroloyo, bagi masyarakat hindu jawa dipercaya sebagai tempat tinggalnya dewa-dewa kahyangan. Dan salah satu dewa yang paling dipercaya ada di suroloyo adalah semar. Tau semar kan? dewa gokil yang menyimpan banyak filosofi di bentuk fisiknya dan omonganya itu. Jadi ga heran, di sini ada patung Semar dan murid-murid utamanya. Konon, patung ini pemberian dari Gusti Bimo dari pakualaman (seingat saya, karena waktu ngobrol dengan warga setempat yang ngasi info ini, saya ga nyatet. Apakah Gusti Bimo ato nama yang mendekati itu. Tapi yg pasti, dari pakualaman). Patung ini sangat mencolok begitu anda ada di wilayah puncak suroloyo karena ada di wilayah tempat parkir utama puncak suroloyo.
Suroloyo adalah nama puncak tertinggi di perbukitan menoreh. Puncak ini ada di wilayah dusun Keceme, desa Gerbosari, kecamatan Samigaluh, kabupaten Kulon Progo, DIY. Di dusun ini setidaknya ada tiga puncak yang bisa didatangi wisatawan dan menjadi tempat buat lihat panorama alam. Saya ke sini dengan tiga orang teman, yang dua termasuk kategori ajaib, yang satunya lagi belom saya tahu keajaibanya apa.
Dua orang ajaib ini pernah ke suroloyo di tahun 2012 dan mereka mengalami penderitaan di tahun itu karena mereka meniatkan camping di suroloyo. Sedangkan di tahun ini, saya dan teman-teman menghilangkan pilihan camping dan memilih tinggal di penginapan yang dimiliki warga. Biaya penginapan seharga 120.000/hari. Dengan panorama alam yang super duper, rasanya harga 120.000 terhitung masih terjangkau. Saya datang satu hari sebelum acara jamasan dimulai. Jadi kami, sempat merasakan dengan leluasa suasana dusun keceme menjelang ritual jamasan.
Seperti yang saya bilang di awal, prosesi jamasan ini mengundang banyak sekali orang untuk datang. Dan beberapa di antaranya masuk dalam golongan manusia yang melakukan berbagai hal untuk mencapai laku jiwa-raga yang sempurna. Salah satu laku jiwa-raga yang dilakukan golongan ini adalah berjalan kaki dari tempat tinggalnya menuju ke puncak suroloyo. Jarak yang ditempuh bisa bikin anda, manusia dengan berbagai kepraktisan modernitas dan mainstream kapitalisme uang, cukup merasa bego. Jarak paling minim yang ditempuh berjalan kaki untuk mencapai laku jiwa-raga ini adalah 25 kilometer. Kakek berbaju putih yang ada di foto di bawah ini melakukanya, jalan kaki 25 kilometer. Dan saya masih mendapati sekitar 7-8 orang lagi yang berlaku seperti itu. Dan mereka menjalaninya dengan biasa-biasa aja, cuek bebek. Dan saya tercengang mendengar ceritanya.
Dari tempat parkir utama, yang ada patung semarnya, untuk menuju puncak suroloyo, diwajibkan bagi siapa saja untuk menaiki jalur tangga yang curam. Katanya, ada sekitar 380 anak tangga yang harus dilewati dengan sudut kemiringan sekitar 70 derajat. Curam, sodara!! Ada dua titik pemberhentian untuk istirahat di sepanjang jalur tangga ini. Dan perjuangan setelah menaikki tangga-tangga itu cukup impas dengan panorama alam yang asik. Dan cukup bikin meringis dengan banyaknya coretan vandal di puncak suroloyo.

Malam hari sebelum prosesi jamasan dimulai, warga sekitar dusun keceme selalu melakukan acara yang bernama mocopotan. Acara ini dilanjut dengan acara kendurian, makan-makan bersama dengan lauk simpel. Anda g tau mocpotan itu apa? saya juga ga tau, dan saya gugel karenanya. Makanya, anda sebaiknya juga gugel. Acara mocopatan ini diikuti ama beberapa orang yang dituakan di dusun ini, beberapa perangkat dusun, dan masyarakat umum. Di sini dibacain beberapa puisi tradisional jawa dan beberapa puisi hasil bikinan warga. Tapi, puisi-puisi yang dibacain sama sekali ga ngomonging cinta dan kesakitan emosional seperti puisi-puisi penyair jaman sekarang. Puisi-puisi yang dibacain bertema masyarakat, dari masalah kulon progo, masalah dusun, dan pastinya masalah sejarah sultan agung alias raden mas rangsang. Saya ga ngerti secara detail apa aja isinya, karena saya ga bisa bahasa jawa halus. Acara ini diikuti ama masyarakat umum, terbuka. Dan regenerasi berjalan baik di sini, yang dateng g cuma orang tua aja. Anak kecil pun juga ada, dan ga cuma satu-dua.
Di akhir acara, ada acara doa bersama. Dan ada dua penganut agama yang mengikuti acara ini, yaitu agama katolik dan Islam. Dan pembawa acara, ngasi giliran penganut agama katolik buat berdoa duluan, yang dilanjut penganut agama islam. Yang bikin saya heran bukan pluralisme itu. Tapi di setiap isi doa dua penganut agama itu, mereka berdoa buat negara Indonesia. Benar-benar buat negara, bung! Total isi doanya buat negara Indonesia. Dari sekian banyak pengajian yang saya temui, baru kali ini saya nemu acara berdoa yang hampir seluruh doanya memohon kebaikan buat negara. Ini bukan acara kenegaraan, ini adalah acara masyarakat. Dan mereka berdoa buat bangsa. Mengagumkan!

Setelah bubaran acara mocopatan, saya kembali ke penginapan, tidur dengan harap-harap cemas bisa bangun pagi. Dan ternyata saya bisa bangun pagi jam 5. Saya dan teman-teman berjalan-jalan santai. Hidup kami begitu woles saat itu. Woles biyanget. Kami juga ketemu beberapa orang yang cukup gokil yang segera jadi temen seperjalanan seperjuangan. Kami stand by di sebuah warung kopi yang menjual kopi dan teh hasil bercocok tanam di sekitar dusun. Mereka juga menjual kopi dan teh dalam bentuk bungkusan sebagai oleh-oleh khas suroloyo. Sangat menyenangkan. Sampai kemudian acara utama prosesi jamasan segera dimulai. Prosesi jamasan ini dimulai dengan acara kirab membawa gunungan yang nantinya direbutin. Yang menarik di tahun ini, gunungan yang dibuat masyarakat dusun, membawa tema hellowen di puncak gunungan. Kata teman saya, ini adalah bentuk akulturasi budaya paling damai. Yup, menurut saya, ini jenis akulturasi yang yogya biyanget.
Prosesi kirab ini dimulai dari tempar parkir utama menuju sendang tempat jamasan benda pusaka. Jaraknya kurang lebih satu kilometer. Kirab ini diikuti oleh berbagai perangkat dusun, dari bocah kecil yang berjalan telanjang kaki sampe kakek-kakek tua yang memainkan musik tradisional jawa. Dan pastinya dengan kostum jawa-yogya. Eh, ada wakil bupati kulon progo juga yang ikut prosesi ini.
Setelah berjalan sekian lama, sampailah rombongan kirab ini di tangga turun menuju sendang. Di depan pintu sendang, diserahkanlah pusaka yang akan dibersihkan kepada sesepuh sendang. Dan lalu dibawa masuk ke lokasi sendang. Dan inilah puncak acara jamasan suroloyo; membersihkan dua pusaka oleh beberapa sesepuh dusun.
Barengan dengan acara jamasan ini, gunungan yang dikirab warga dusun, yang pucuknya ada labu hallowen itu, dijadikan rebutan oleh masyarakat yang menonton. Hasil-hasil bumi masyarakat dusun yang disusun rapi jali dianggap memiliki berkah di mata masyarakat umum. Layaknya gunungan yang diperebutkan masyarakat di kraton hamengkubuwono. Sayang, saya ga punya ilmu membelah diri, jadi saya cuma bisa motret acara jamasanya aja. Tidak acara rebutan gununganya. Muuph ea qaqa....

Setelah benda-benda pusaka itu dibersihkan dengan air sendang dan menurut tata-cara sesepuh dusun, setelah benda pusaka itu dibawa keluar dari lokasi sendang, masyarakat umum dipersilahkan masuk ke lokasi sendang yang pada hari-hari di luar tanggal satu suro ini ditutup bagi masyarakat umum. Di sini masyarakat mengambil air sendang untuk digunakan bagi banyak kebutuhan warga. Karena air sendang sisa jamasan merupakan air yang mengundang berkah. Jadi di sinilah pergulatan masyarakat dimulai. Dalam arti yang paling harfiah. Lokasi sendang merupakan lokasi yang tertutup, dibatas kelilingi tembok, dan cuma memiliki satu akses pintu masuk. Lokasi sendang ini cuma berukuran sekitar 7 kali 3 meter. Cukup kecil untuk menampung ratusan masyarakat yang ingin mengambil air sisa jamasan. Dan begitulah, terjadi beberapa insiden dorong-dorongan, jatuh, dan kepleset. Tapi itu semua ga menyurutkan semangat warga buat ngambil air sisa jamasan. Masyarakat biasanya cuci muka dengan air sendang, dan menyimpan air sendang dengan botol air mineral atau dengan jirigen ukuran 5 liter. Air sisa jamasan ini benar-benar dianggap ampuh buat mendatangkan rezeki dan berkah bagi yang menggunakanya. Dan tua-muda, pemuda-pemudi harapan bangsa hingga kakek-nenek renta mencuci muka dengan air sendang ini. Hell Yeah!!...
Dan begitulah setiap keramaian yang berakar dari nilai-nilai tradisional pada akhirnya tidak bisa menolak tradisi kapitalisme modernitas, maka jangan berharap anda akan dapat suasana khidmat, tenang, dan berbagai suasana kebatinan yang anda bayangkan. Karena modernitas menolak itu. Maka, di sepanjang perjalanan antara tempat parkir utama hingga lokasi sendang, anda akan banyak dapati berbagai bentuk modernitas kapitalisme masyarakat.

Tapi, seperti yang selalu saya bayangkan, Yogya selalu punya dinamisasinya sendiri menghadapi berbagai bentuk pengaruh luar. Akuluturasi yang halus lembut dan kadang slengean menciptakan yogya yang tidak serta merta menolak pengaruh luar dan tidak serta merta menerima mentah-mentah. Semoga, akuturasi yang halus lembut ini berjalan terus menerus sampai kiamat nanti. Dan semoga tempat sampah disediakan di wilayah ini. Dan semoga, masyarakat yang jadi wisatawan juga nyadar buat ga buang sampah sembarangan. Aminn....

Wednesday, May 15, 2013

Setelah malam hari di lagu coldplay

Tidak ada yang benar-benar tahu, bintang macam apa dan warna apa yang datang sebagai cinta. Cinta yang sebagai representasi dirimu. Dan begitulah hidup kumaknai mengenai dirimu. Kadang juga kumaknai diriku seperti itu. Karena itu, aku merasa mengenalmu jauh sebelum kita berdua saling kenal untuk pertama kali. Cinta adalah imanensi. Ia sempurna sebagai visi akan dirimu.

Aku ingin terbang di antara nama-nama kota yang pernah kita singgahi dan renungi. Kenangan pada kota-kota kita itu adalah hal yang membuat aku tak pernah merasa lelah ingin terbang. Dan kenangan padamu adalah hal yang paling bersinar di dadaku. Menciptakan sepasang sayap malaikat dan perasaan tak gentar melawan semua kesakitan.

Dan sebenar-benarnya kenyataan paling nyata ialah engkau yang datang dengan senyum syahdu. Menghisap nafasku, melarutkan Tuhan di udara, lalu menciumku dengan kesedihan yang paling derita di keperempuanmu. Oh sayangku yang menciptakan kerinduan paling tak terbatas.

Berikan aku rahasia-rahasia manusia, dan katakan padaku di mana letak bintang yang jadi hak milikmu. Akan aku langkahkan hidupku di jalur bintang itu. Agar aku, dan manusia lainya, paham betul jika kau memang secerah bintang-bintang luar angkasa. Dan jika Tuhan benar adanya, dia tak sebodoh itu menempatkanmu di neraka ciptaanya.

Oh engkau yang merasa dipenuhi masalah-masalah, tidak akan ada yang hilang dari dunia karena cinta. Rasakanlah segala sebagai kebahagiaan, sebagai tragedi bodoh ciptaan Tuhan. Karena ia memilihmu sebagai teman bercanda. Sebagai kebaikan murni. Dan tak kan ada yang hilang. Sebab segala hal hanya berdaur ulang. Sebab segala hal menganut hukum kekekalan energi.

Wednesday, May 8, 2013

Tips dan trik memotret model amatir

Selamat berjumpa lagi dalam sesi tips dan trik fotografi. Penulisan ini didasarkan pada pengalaman saya sebagai orang yang hobi mbribik cewe-cewe dengan modus menjadikanya model foto. Satu-dua berhasil, dalam artian mereka mau dibribik, tapi beberapa yang lain malah gagal. O ya, jangan lupa jika tulisan ini adalah pendapat pribadi, lebih tepatnya pendapat lelaki jablay. Jadi, jika ada satu dua hal-hal hiperbola harap dimaklumi saja sebab segala kewajaran yang tercipta di dunia adalah milik Sang Maha Cahaya.

Saya membatasi tulisan ini hanya untuk model amatir. Batasan model amatir adalah mereka yang ikhlas dijadikan model tanpa honor yang sepantasnya. Bahkan seringnya gratis. Jika anda mencari tips dan trik memotret model non-amatir, bukan di sini tempatnya. Saya hanya orang hobi dengan kamera saya, bukan fotografer bayaran. Jadi semuanya dilakukan dengan amatir saja.

Baiklah, mari kita mulai tips dan triknya saat ini:

1. Carilah model yang sesuai dengan hasrat orientasi seksual anda. Ini penting. Karena ini menyangkut hasrat, motivasi, dan semangat saat anda memotret. Karena orientasi seksual saya adalah perempuan, maka saya mencari model yang berkelamin perempuan. Tolong diingat baik-baik hal dasar ini. Sebab, tips nomer 1 ini mempengaruhi segala hal teknis fotografi anda saat memotret model.

2. Carilah model yang masih jomblo dan mudah untuk dibribik. Hal ini sedikit banyak juga mempengaruhi motivasi anda dan intensitas anda memotret. Semakin mudah dibribik, artinya semakin tinggi intensitas anda motret model, artinya semakin tinggi pula kesempatan anda mendapatkan foto bagus. Dan bonusnya, jika bribikan anda masuk di hati si model, ada kesempatan anda untuk jadi pacar si model.

3. Perhatikan bentuk rahang, pipi, dan wajah si model. Temukan apa kekurangan dan kelebihan bagian wajah si model. Dan tentukan asesoris tambahan apa saja yang akan ada di sekitar wajah si model. Apakah bentuk rahangya oval, kotak, atau bulat. Apakah pipinya chubby, kurus, atau ideal. Apakah wajahnya memiliki paduan sempurna antara mata-rambut-jidat-alis-bibir-kuping atau ada bagian dari wajahnya yang memiliki kekurangan unsur fotografis. Asesoris apa saja yang boleh ada di sekitar wajah si model dengan bentuk rahang, pipi, dan wajah yang begeitu. Apakah lipstik warna merah, warna pink, atau hanya lipgloss yang bisa menghiasi bibirnya. Apakah bedak tebal, eye shadow tebal, apakah lensa kontak warna biru atau tanpa lensa kontak, apakah anting panjang atau anting pendek yang boleh menghiasi wajahnya. Ini semua penting untuk dipikir. Saya kasih contoh fotonya



Dari kelima foto itu, anda pasti tahu betapa chubbynya pipi si model, walaupun bentuk rahangnya sepertinya terlihat bagus. Tapi chubbynya ga nguatin kan?! Insyaallah iya. Untuk ngakalin pipi sechubby itu, ambil angle di samping model, dengan pose model yang juga tidak langsung menghadap kamera. Ini ilmu klasik. Masa si anda ga ngerti?! Kalo kamera dan pose model langsung berhadap-hadapan, cilakalah anda. Asesoris di sekitar wajah si model yang minim juga sudah tepat. Asesoris si model tidak menambah efek chubby pipinya. Penggunaan rambutnya buat menutupi kechubby-an si model juga udah oke ni. Btw, nama model ini siapa ya?

Saya kasih contoh foto model dengan asesoris yang berlebihan.



Model ini secara natural sebenernya oke; rambut panjang, pipi ideal, rahangnya cukup bagus, jidatnya ga lebar-lebar amat, matanya belok, bibirnya ga tipis-tipis amat. Cukup ideal deh sebagai model. Tapi sayangnya, terlalu banyak sekali asesoris yang tidak sesuai dan menutupi keindahan natural si model. Anting-anting yang terlau panjang, make-up daerah mata yang terlalu berwarna. Plus bajunya yang terlalu ngejreng. Jadi, keindahan naturalnya ketutupin. Dan saya ga sepakat dengan banyaknya asesoris yang menutupi keindahan si model kayak gini ni.

Jika anda tidak punya kuasa untuk merubah penampilan si model, maka serahkan segala unsur pemotretan anda pada insting anda. Pilih sudut yang tepat, yang sekiranya bisa mengurangi efek jelek dari si model. Percayalah, itu semua bisa dilakukan. Atau arahkan pose si model. Contohnya kayak gini:




4. Setelah memperhatikan wajah, perhatikan fisik dan kostum si model. Bayangkan begini, anda ingin motret model yang dalam harapan anda si model bertubuh langsing singset aduhai. Tapi tenyata si model memiliki perut buncit dan memakai baju ketat yang menonjolkan kebuncitanya. Sakit hati kan anda pastinya?! Perhatikan juga betis si model. Jika betisnya seukuran betis pemain bola, segera lakukan penyelamatan visual anda. Minta si model menggunakan kostum yang dapat menutupi ukuran betisnya yang gede itu. Jangan sampai si model make kostum penutup kaki berukuran pendek sedangkan dia punya betis besar. Jangan sampai. Betis yang gede mesti ditutupi. Bisa njomplang kalo ga anda tutupi. Kecuali anda memang lagi motret dengan tema perempuan berbetis gede. Ini contohnya. Bandingkan betis dua wanita ini:




5. Setelah visual fisik si model anda perhatikan, berikutnya perhatikan kejiwaan model anda. Jangan sampai model yang anda potret punya kejiwaan yang ga beres. Seumpamanya, dia gila. Atau eksibionis tingkat tinggi. Bisa gila sendiri anda kalo pas anda motret, ujug-ujug dia pose dengan buka celana dalamnya padahal dia make jilbab. Bisa geje kan anda. Maaf, ga ada contoh foto untuk kasus ini.



Tuesday, April 16, 2013

Surat cinta yang saya yakini saya buat untuk anda

Aku ingin

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
dengan kata yang tak sempat diucapkan
kayu kepada api yang menjadikannya abu

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
dengan isyarat yang tak sempat disampaikan
awan kepada hujan yang menjadikannya tiada


Tahukah engkau kenapa sapardi membuat puisi ini hanya dua bait saja? Ia ingin mempertahankan pikiranya yang ideal tentang cinta; kesederhanaan antara dua orang saja. Ia tak perlu orang ketiga atau keempat atau seterusnya. Ia hanya perlu dua orang yang bersifat berbeda. Aku yang kayu dan kau yang api. Kau yang hujan, aku yang awan.

Tapi ternyata hidup bukan hal sederhana. Dan sapardi paham benar. Maka, ia hanya berangan, angan yang aku pikir tepat seperti apa yang aku bayangkan, mencintai dan saling memiliki sampai mati. Cinta yang tak habis-habis dan saling menghabisi, cinta yang membuat satu sama lain hanyut.

Tapi angan seperti hal bodoh yang diciptakan oleh keinginan. Ia menolak kenyataan, menolak hidup, meninggikan imaji, dan membunuh diri. Akhirnya ia menjadi sajak, menjadi pembunuhan pikiran paling eksibionis. Agar engkau tahu bahwa cinta benar-benar isyarat yang membuatku mengalami ketiadaan.

Oh engkau perempuan yang menjadi kenyataan di dunia, tahukah engkau bahwa rinduku melebihi segala kebaikan dan keburukan dunia, rinduku yang tak sampai padamu melebihi itu semua. Melebihi segala kenyataan dunia. Maka, hidupilah terus rinduku. Sebagai pengingat jika kau memang memiliki cinta di hatimu. Dan di hatiku.

Saturday, April 13, 2013

O shit

Sejarah kata absurd:
1. Diawali oleh buku pelajaran IPA sewaktu SD, yang memberi penjelasan tentang bagimana seorang lelaki dan perempuan bisa menghasilkan anak. Waktu saya kecil, say tidak mengerti pelajaran apa itu. Akhirnya waktu itu saya dan seorang teman perempuan saya sering bermain kelamin berdua di belakang sekolah, saya ngotak ngatik kelamin si permpuan, dan si perempuan ngotak ngatik kelamin saya. Sungguh, saya masih polos waktu itu jadi tak tahu jika perbuatan itu berjenis cabul. Yang saya tahu dan memotivasi saya untuk berbuat seperti itu adalah pikiran saya terhadap pelajaran biologi tentang kelmin yang bagi saya waktu itu absurd.

2. Beberapa teman saya sering mengatakan kata ini terhadap seseorang lain jika tidak paham tindakan dan cara berpikir orang lain tersebut. Dan sayangnya selama beberapa lama saya bergaul dengan orang orang yang berkategori absurd yang akhirnya menulari saya dengan kosakata baru; 'absurd'.



JAdi begini ceritanya saudara-saudaraku yang kucintai dan kuhoramati dan kuhargai dan sering kumaki-maki, bulan ini blan ramadahn kan?artinya bulan puasa kan?artinya ada acara mudik kan?artinya begitu banyak arti penting bagi kehidupan umat berbangsa dan bertanah air kan?artinya mau ga mau kita didesak gaya hidup kan?artinya mau ga mau, sadar ga sadar kita sebagai individu mesti nurutin arus besar kan?artinya saya sedang meratapi diri sendiri kan?ya itulah maksud saya!!Meratapi diri sendiri.............!!!!Asulah!!!

Sejarah kata Asulah:
1. Saya benci anjing dan anjing benci saya. Karen kami kompakan saling membenci, akhirnya kami tak pernah menyapa hingga kami berdua naik ke surga dan didamaikan oleh malaikat kucing.

2. Ini adalah sebuah makian gaya baru yang diciptakan dengan sangat sempurna dan jenius oleh beberapa mahkluk absurd yang menyukai anjing dan yang membenci anjing. 'Asulah' adalah semacam kesepakatan damai antara dua kaum yang merasa memiliki hubungan langsung dengan anjing.


Jadi, setelah membaca shoutmix di blog ini dari satpam beranda, saya jadi makin meratapi diri saya.
Beberapa jam tadi saya meng-SMS 3teman saya. Isinya semacem pernyataan kalo saya g pengen punya anak dan istri. Beberapa hari kemaren saya juga dimakimaki soalnya aku ngomong macem gitu. Aku jadi binun dong, apa apaan ini, kok prinsip hidupku diejek-ejek, tentu dong, sebagai kaum aktivis yang selalu memberontak walaupun ga tau apa yang diberontak, saya berpikir ulang sampe akhirnya dalam 2hari uban saya jadi tambah aneh bentuknya. Nah, hubunganya ama shoutmix itu apa?akhirnya karena uban itulah saya mendapat jawaban dan ilham dan hubungan yg coba aku pastikan jadi hubungan yg jelas!

Saya butuh tatih tayang?tentu saja dan pastinya, tapai bagaiman ya cara jitu dan ampuh menghilankan jarak sejauh 500 km.

Friday, April 5, 2013

Pembunuhan di dalam diri

Pada akhirnya
Hidup seperti kalimat cinta
Satu per satu makna
Hilang kita bawa
Ke dalam jiwa
Waktu

Pada akhirnya
Aku mesti mencintaimu
Sebagai rindu

Friday, November 9, 2012

Untuk Santa Anna

I/
Santa anna,
Seseorang akan beringsut
Mengunci mimpi
Di kedai roti senja hari
Sebab setelah itu
Awal dan akhir menyusut
Jadi riwayat masa depan
Yang canggung pada dunia
Yang membuat kami surut
Mendambakan diri kami
Sebagai melankoli
Hingga tinggal tanda seru
Tentang tubuh dan maut

Santa anna,
Beri kami masa lalu
Agar tenang kami rasa
Kebajikan cintamu
Seperti air mata
Di mata kristus
Hanya ada cahaya
Yang menyatu
Membuat luka
Jadi cinta dan rindu
Saat segalanya buta
Dan kota ini menjadi ritus

II/
Kami tak menyesal
Tiap menumpuk makna
Seperti sajak dan mazmur
Kami percaya senja
Juga pagi sebagai muasal
Persimpangan luhur
Kebahagiaan bebal
Yang terus kami pelihara
Sebab rahasia dan umur
Membaca setiap pertanda
Yang tak ingin kami kenal

III/
Santa anna,
Mazmur apa yang pantas
Untuk roti-roti persembahan
Dan penantian. Dan perasaan
Segala hal menjadi cacat
Perasaan kami yang tak suci-suci
Melupakan cinta, juga asmara
Untuk cepat pergi bergegas
Mengendapkan kelahiran
Nasib di perjalanan
Waktu yang tak mencatat

Santa anna,
Ibu dari ibu segala kebajikan
Dalam dosa, kami menelan rotimu
Maka, iringilah jiwa kami
Bagai maria mengiringi yesus
Agar kata-kata tak kusam
Dan pada getarnya
Kami mampu berjalan
Membawa harapan kelabu
Yang labil membangun nyali
Dengan rahasia-rahasia siklus
Yang kami sendiri tak paham

Sunday, August 5, 2012

Rapsodi musisi rock progresif untuk kekasih barunya

: G. P

Aku tak tahu bagaimana rasanya perjalanan
Dan kenyataan yang selalu berkhianat
Pada percakapan. Diam-diam aku berdoa
Bisa membentangkan segala rupa kebahagiaan
Agar jarak dan tanda-tanda buruk yang kau bawa
Sampai kepadaku sebagai rindu dan ciuman orang hilang asa

Rasakan aku sebagai kesendirian, sebagai hiburan
Yang gagal lahir dari usia dan silsilah masyarakat
Kau akan menemukan sejarah kecemasan paling purba
Kecemasan yang mampu membuat fantasi Tuhan
Dan cerita-cerita cinta indah paling ajaib di dunia
Maka, rasakan aku seperti aku merasakan bibirmu dengan luka

Supaya kau bisa mengingat kembali di mana mesti bertahan
Dari banyak ketololan yang terus menerus kau ingat
Bertahanlah di sana dengan perasaan dan banyak rahasianya
Bertahanlah hingga sakit, hingga sekarat, hingga kau ketakutan
Hingga kau paham jika cinta adalah petualang ulung di dada kita
Yang sabar dan telaten memburu air mata sebagai tanda kemenanganya

Waktu yang pekat juga ikut mengemasmu sebagai kekalahan
Yang sengaja dicipta sebagai sejarah yang pantas dicatat
Hingga kapan nanti kau diingat sebagai martir, sebagai santa.
Maka niscayakan dirimu padaku seperti malaria di hutan
Dan akan kubuat kau berseteru sepenuh-penuhnya
Hingga tuntas semua dendam dan ingatan yang ada

Hingga akhirnya kau siap menghadapi kehilangan-kehilangan
Dan kuat merasakan luka sekuat pisau menyayat
Nadi tanganmu. Yang coreng mencoreng adalah jagad raya
Kenyerian yang terus menerus menerus kau simpan
Seringkali ia akan mengarahkan telunjukmu ke kepala
Dan menyesali banyak hal yang melintas di dalamnya

Tapi jangan kau henti hidup, sebab zaman yang murka menyediakan
Banyak hal sebagai pembenaran, termasuk jalanmu yang sesat
Padaku. Akulah yang menyalakan jejakmu di setiap jeda
Sebab sejarahmu adalah sejarahku yang belum terselesaikan
Dan di sepanjang hidup yang gagap dengan cara kita menghadapinya
Akulah yang tak henti membersihkan perasaanmu yang berantakan di mana-mana

Monday, July 23, 2012

Ode

Kenangan adalah sesuatu yang berharga. Saya berhasil, malam ini, mempelajari itu dengan tertawa (dengan dewasa menurut filosofi beberapa orang, wkwkwk). Saya tahu, jika dari kenangan kita semakin tahu jika kita tumbuh secara fisik dan mental. Maka, saya menghargai kenangan seperti saya menghargai buah semangka dan buah manggis yang mudah saja dijadikan sampiran dalam pantun-pantun hiburan.

Buah semangka buah manggis
Dimakan untuk segarnya puasa
Siapa sangka engkau manis
Biarpun sudah dimakan usia

Oke, ini bukan tentang seseorang atao sesuatu. Ini hanya bagaimana kita membaca perilaku kita di masa lalu. Saya suka di mana kita malam-malam begini tertawa lepas dengan kopi dan buah semangka yang menyertai kita. Hingga nanti kita benar-benar tua dan mati bahagia dengan segala penderitaan kita. Maka, hidup dan puisi akan mencapai karirnya yang paling sukses: legenda sastra Indonesia!!!!

Friday, June 29, 2012

Tips dan trik selective colour di Photoshop CS5

Saya akan memberikan panduan sedikit mengenai menyeleksi warna di foto dengan menggunakan photoshop CS5. Sebenernya secara garis besar, langkah-langkahnya g sulit. Saya aja baru belajar dari 3 hari kemarin. Masi newbie ni. Tapi selama tiga hari itu, saya mendapatkan banyak trik-trik dan tips-tips yang kupikir bisa saya bagikan ke internet. Ok, tanpa banyak bacot, ini dia step-stepnya:

1. Kalo mau ngedit foto make Photoshop, langkah pertama tentu saja nongkrong di depan komputer. Jangan pernah nongkrong di pinggir jalan macam ini. Semua keinginan anda ngedit hanya akan jadi mimpi saja kalo nongkrong di pinggir jalan
2. Jangan cengengesan kayak foto di atas. Anda sedang berhadapan dengan komputer dan sedang mengerjakan photoshop. Bukan menghadap televisi dan melihat OVJ. tolong bedakan dua hal tersebut ya.

3. Jangan merasa cepat puas dengan hasil editan anda. Selalu evaluasi sesering mungkin. Karena menyeleksi warna di photoshop menuntut ketelitian dan ketaletan plus kesabaran tingkat dewa-dewi. Ini contohnya; perhatikan sadel di foto ini.
sory yo, fotone dadi blur je. embuh ngopo e.

4. Lanjut ke tips berikutnya. Jangan gampang bete ngadepin detail yang super duper banyaknya. Kayak foto ini contohnya. Inget, tetep sabar.

5. Tips berikutnya, belajar dari yang detailnya sedikit. Biar ga gampang bete. Foto ini contoh foto yang detailnya dikit.

6. O, iya!! Ada lagi hal penting lainya. Jangan lupa berdoa kepada Tuhan. Ini penting, berhubung masalahnya kesabaran adalah masalah spiritual. Jangan lupa berdoa yaa....

























































7. jangan lupa makan dan beol juga. Setelah aktivitas itu semua, saya yakin kita jadi lebih terlatih dan sudah siap menunjukkan hasil. Tetap santai, jangan kegirangan jika hasil foto anda dirasa memuaskan.

8. Setelah itu, segeralah beranjak dari gaya edit macam itu. Agar ga terpatok ke satu gaya. Coba gaya infra merah.

9. Terakhir. Tersenyumlah dan berterimakasih kepada Tuhan yang telah memberikan orang-orang cerdas yang telah menciptakan Photoshop.



Saturday, June 23, 2012

Cinta kami serupa cinta zaman SMA

Apa yang bisa kami sembah
Dari peradaban yang bingung
Pada langkah kaki kami

Zaman yang besar meninggalkan cinta
Sebagai pakaian kotor yang kau nodai

Kata-kata yang sekarat menciptakan hari-hari yang bodoh. Entah kami memelihara apa hingga keadaan hati kami tidak bisa lepas dari kemungkinan-kemungkinan buruk. Kami pun tak pernah menempatkan zaman sebagai perhentian yang ideal, sehingga nasib klise kami tak lebih dari pikiran kami yang naïf. Begitu kami rasa, kami perlakukan sajak-sajak buruk ini.

Setiap paginya, di mana kami terbiasa membangunkan diri kami dengan sajak-sajak cinta di twitter, kami selalu menciptakan diri kami sebagai pencinta ulung yang mampu menerjemahkan pertahanan-pertahanan Tuhan akan manusia-manusia dunia. Sedemikian tingginya kami pada luka-luka, kami percaya jika hidup kami memang tak lebih dari kebahagiaan sajak. Sedang saat itu, di dalam diri kami yang lain, kenangan kami terlantar dan menyadari hilangnya rahasia-rahasia. Termasuk kebebasan kami yang sekarang membuat kami sering masuk angin. Jangan bayangkan kami sebagai manusia yang tak mampu dikenali. Zaman yang besar ini membuat kami mudah sekali dikenali: rindu kami sering kami rangkum, rahasia kami sering menyusup ke manusia lain, amarah kami sering kami rebahkan di dada sajak, atau ringkasnya diri kami tak lebih dari repetisi sajak. Maka, kuingatkan kalian pada kalimat sajak goenawan: “kau lelah, aku tidak, ketika kita sebut kata ‘pernah’”

Ikutilah persiapan kami setiap memandang zaman. Riuh kami pada kekasih adalah bagian terbesar diantaranya. Supaya waktu leluasa membaca persoalan kami, ia akan menciptakan kerisauan zaman. Saat itu, kami akan menawarkan doa dan beberapa teka-teki hiburan sehingga usia dan kehilangan adalah bahan percakapan paling intim di antara sajak dan rahasia. Saat itu perhatikanlah kenapa kemudian mendung sering datang atau cuaca jadi polutan menjengkelkan bagi sajak kami. Hujan menjadi paradoks, anak-anak kecil yang bermain-main menjadi cemas kami, dan rindu kami sendiri tak lebih dari perkiraan kami kapan cuaca berhenti menyiksa kami. Kekasih kami adalah esok yang menguraikan dirinya sebagai harapan atau permainan petak umpet antara pertanyaan dan ketegasan. Maka, kami menyimpan birahi kami seperti rahasia kami (tentu, kalian pasti bisa menebak bagaimana rahasia kami, kami keluarkan seperti birahi). Tak ada yang boleh mempertanyakan kenapa birahi kami sebegitu tersembunyi dan sebegitu utuhnya dalam diri kami, sebab makna dan tafsir kami pada kekasih kami akan ditentukan pada seberapa sempurnanya kami menjadikan birahi kami sebagai persoalan dalam sunyi kami. Sebutlah birahi kami sebagai anak sungai yang terus bergerak menyuburkan sawah-sawah dan pematangnya, juga yang mengairi hutan-hutan kota yang gilang gemilang sejuknya, atau sebutlah ia sebagai sumber mata air bagi sumur-sumur rumah penduduk. Ia adalah keajaiban kami pada repetisi-repetisi emosi sajak kami. Maka, jika kalian masih kuat mengikuti persiapan kami, jangan kalian diam-diam menunggu kehadiran bayangan atau dongeng kosong tentang ibu. Kami petikkan potongan sajak sapardi untuk birahi kalian: “soalnya ia suka mengusikku tengah malam, padahal aku sering ingin sendirian/soalnya ia baka”