Friday, August 27, 2010

Raditya Dika di semesta blog kaum muda: Stasiun yang sudah mulai tergerus terminal bis.

Stasiun selalu menjadi simbol dari kedatangan, penantian, kepergian, melakolisme cinta, melankolisme perasaan. Macam sajak Acep ini yang berjudul "Tugu":
1
Di stasiun peninggalan kolonial, di bangku hijau
Yang berjejer menghadap rel, seorang perempuan putih
Menyampaikan sesuatu: mungkin isyarat, mungkin juga wasiat
Atau semacam maklumat yang santai
Tentang cinta yang langka. “Tahun depan aku kembali,” bisiknya
Dan perempuan putih itu (sebut saja demikian karena kulitnya terang
Karena kontras dengan kebaya luriknya yang kelam) berdiri dan berjalan
Ke pinggir rel, menyongsong datangnya kereta
Dari timur kereta datang. Rel bergetar, dinding ratusan tahun bergetar
Tiang besi, atap seng, gantungan lampu, jam besar
Semua bergetar. Dari timur kereta kusam yang bersaput debu
Datang dengan tulisan di badannya: Biru Malam
Seorang lelaki berkacamata hitam melambai, tapi lunglai
Seperti adegan film India. Lelaki itu
Tak bisa menahan bergulirnya airmata
(Padahal rambutnya gimbal, memakai gelang dan anting
Serta sebuah tato binatang di lengan kirinya)
Jarum pada jam seakan terdiam, seperti tiang besi yang dingin

Saya yakin anda tidak bisa menyangkal betapa eksotisnya sajak Acep ini. Seperti gadis jogja yang sedang membawa senyum kedamaian kota, sajak ini pasti begitu mudahnya masuk dan merasuki pikiran anda: menggoda anda buat menikmati yogya. Sajak ini membuat hasrat kita menyimbolkan stasiun jadi terpuaskan: seorang perempuan putih menyambut kedatangan lelaki yang datang dengan segala riwayat dan isyarat, didahului dengan getaran-getaran dua manusia itu yang menjalar dari rel lalu ke tembok dan berbagai bagian dari bangunan stasiun, sampai akhirnya semua getaran itu jadi airmata, jadi tenaga yang mendiamkan jarum jam, menghentikan waktu.

Stasiun jadi segala haru biru rindu dan emosi. Ia jadi semesta perasaan. Ia melebihi rumah, melebihi kedalaman samudra. Lihat juga sajak Koto yang judulnya "Stasiun Tugu, dini hari":
kereta bergerak, ceritamu retak.
kegalauanmu, sebentuk rasa dingin dan
berisik perjalanan. ritual malam
untuk mengusir jauh-jauh kecengengan
masa kecil; rambut ibu, bantal dan guling.
“setiap kali kau berusaha melupakan, setiap
itulah kau tengah mengingat.”
tak lagi kita dengar derak kereta terakhir
yang berlalu (ataukah pulang) malam ini.

di luar orang-orang cemas menunggu pagi,
menanti perjalanan yang begitu pasti.
“masalalu, seperti juga malam dan derak kereta
tak pernah selesai. tak ada yang bisa dilupakan.
yang perlu kau lakukan adalah mengingat,
memaafkan lalu melewatinya begitu saja.”

ceritaku mengambang begitu saja
stasiun tiba-tiba
menjadi begitu tua.

Anda pasti dapatkan kesan yang hampir sama pas baca sajak Koto itu (Koto menulis sajak itu buat temanya). Stasiun selalu menghasilkan kenangan, perasaan dingin, ingatan yang tak bisa dilupakan: Dan begitulah jika kita berjumpa/berpisah kembali dengan seseorang. Stasiun adalah muaranya.

Tapi, stasiun kereta bagi beberapa orang sudah terasa mulai membosankan untuk diekspose. Walaupun kadang sikap mengekspose itu terjadi karena sifatnya yang tida disengaja. Pengulangan terus menerus membuat kita lama-lama merasa ada di titik jenuh, bukan?!Stasiun dieksplorasi habis-habisan dalam hubunganya dengan perasaan. Tidakkah kita bosan?dan saya menyatakan diri saya bosan. Itulah yang jadi alesan kenapa kemudian saya blogwalking dan nemu beberapa blog baru yang bagus buat masuk ke daftar blog yang saya ikutin. Dan hari ini, setelah jalan kesana-kemari, mentok-mentok saya ke blognya Raditya Dika. Anda tau kan dia siapa?cari di gugel kalo g ngerti!

Saya tahu soal Dika lewat buku kambing jantanya. Heboh banget pas awal-awal buku itu terbit; fenomena baru; tulisan di blog untuk pertama kalinya jadi sebuah karya cetak berupa buku. Dan sampe bukunya Dika yang babi ngesot, saya g pernah sekalipun tertarik buka blognya Dika. Tapi kemudian ada inpotaimen ngasi saya kabar kalo Dika pacaran ama Sherina. Maka kagetlah saya, terkejutlah saya; bagaimana mungkin Sherina jatuh cinta ama Dika, padahal saya sudah make pelet kraton biar Sherina tergilagila sama saya. Maka saya bukalah blog Dika buat tahu dia make dukun mana.

Saya ngebaca blog dika seperti saya baca blog laen: blog dijadikan sarana catatan hidup si pemilik, dan dika nyeritainya dengan bahasanya yang luwes banget. Yupp, dan itulah yang menarik bagi banyak orang. Tapi sore ini, pas sinar matahari lagi judes-judesnya padahal udah sore, pas saya ngebuka blog dika, pas saya berharap nemu sesuatu dari tulisan dika, saya bukan main terkejut; Dika sudah lama tidak posting blog. Artina jangka waktu pstingan antara satu postingan ke satu postingan lama banget; lebih dari seminggu. Dan Dika terlihat tidak biasa kalo udah gitu. Ada apa Dika?

Temen saya ngejawab, "bodoh!dia lagi nerbitin buku dan pastinya dia trip kesana kemari buat promosilah!!...."
Saya nimpalin, "emang Dika miskin banget ya, ampe g punya laptop dan modem buat posting kalo lagi mobile?!"
Temen saya ngebales, "Waktunya yang g ada, bodoh!"
Saya yang bodoh ini menjawab. "OOOOooooo....." sambil grundel dalam hati "masak si g punya waktu?!"

Saya ngerasa punya jawaban lebih tepat daripada jawaban temen saya: Dika lebih enjoy ama twitternya kali ya??kayak orang-orang jaman sekarang itu......
Temen saya balesin, "suka-suka elu dah, dan....aku mau ke E-plaza dulu ya..."

Seperti stasiun, blog adalah tempat segala emosi lebih lengkap tercurahkan. Ia tidak membatasi pendatangnya dengan waktu, dengan jumlah karakter, atau dengan jenis postingan. Ia menerima segala keadaan. Ia bisa jadi semesta. Bagi beberapa rang muda yang punya begitu banyak pikiran, blog adalah sarana yang paling tepat, walaupun twitter dan facebook lebih merajalela. Blog masih tidak bisa dilupakan, masih tidak terasa membosankan. Dan semoga Dika kembali ke jalan yang benar(dan tidak senarsis saat dia launching bukunya seperti saat ini).
Amin!!!!!!!..................

Tuesday, August 17, 2010

Rashomon: film hitam putih yang nyeritain warna abu-abu

Ini film tentang bagaimana orang memandang sesuatu. Bayangin gini: anda dan 2 teman (yangbernama Jancok dan Sundel) lagi jalan-jalan ke rumah temen anda (sebut saja namanya Jangkrik). Ampe di depan kamar Jangkrik, anda mendengar suara uh-ah(tolong konotasikan istilah ini sebagai melakukan hubungan seksual). Anda dan 2temen anda itu pun iseng; ngintip dari jendela kamar yang g ketutup; Si Jangkrik lagi ML ama cewe (sebut saja namanya Awewek) yang ternyata adalah pacar temen anda yang rajin jadi aktivis remaja masjid (yang kita sebut saja namanya sebagai Dombi). 7 bulan kemudian, Si Awewek yang berjilbab besar itu ketauan hamil ama ortunya. Maka warga sekampung menuntut dia untuk dirajam. Tapi berkat Pak Kyai yang bukan main bijaksana dan arif sholehnya, Awewek tidak jadi dirajam. Awewek hanya diminta mengakui siapa lelaki yang telah menghamilinya, agar kemudian bisa dituntut pertanggungjawabanya sebagai lelaki.

Selidik punya selidik, Bapak-ibu Awewek mencurigai Jangkrik dan Dombi yang mengahamili anak mereka. Saya sebagai pengarang cerita ini pun tidak tahu bagaimana ceritanya bapak-ibu Awewek bisa mencurigai Jangkrik dan Dombi. Akhirnya mereka berdua dikirmin email tuntutan untuk segera terbang ke Merauke, rumah orang tua dan daerah kelahiran Awewek. Jangkrik dan Dombi pun kebakaran jenggot. Mereka berusaha mencari teman dan pendukung. Jangkrik menghubungi Jancok, dan Dombi menghubungi Sundel.

Jangkrik bertemu Jancok dan curhat soal Awewek. Jangkrik minta bantuan Jancok buat bersaksi di depan orangtua Awewek kalo Jangkrik sama sekali g punya hubungan deket ama Awewek. Bahkan Jangkrik minta tolong ke Jancok buat ngaku kalo Jancok pernah liat Dombi dan Awewek lagi ML di kantin kampus pas malem jumat 7bulan kemarin.Jangkrik juga sekalian minta Jancok ngaku kalo pas ngeliat Dombi ML ma Awewek,ia ngeliat darah perawan awewek. Atas kemauan kesaksian Jancok itu, Jangkrik mengahdiahi Jancok segepok duit 35juta rupiah plus pacaran ama 5 cewe cantik selama 2 tahun penuh. akhirnya kesepakatan mereka tercapai dengan senyum yang samasama puas. Lalu mereka berdua pergi sambil pegang-pegangan tangan buat nonton konser dangdut.

Di tempat lain, Dombi ketemu ama Sundel di halaman Masjid Istiqlal. Malam hari yang dingin di halaman masjid itu Dombi curhat plus nangis bombay ke Sundel soal email tuntutan orangtua Awewek. Sundel yang punya solidaritas tinggi dan rasa kesetiakawanan tanpa pandang teman merasa bersedih. Ia pun nangis bombay. Di antara sesenggukan bombay-nya, Dombi merasa ia mengalami perasaan paling ironis di dunia mengenai arti persahabatan: ia tahu dan yakin betul jika Jangkriklahyang mestinya bertanggung jawab atas hamilnya Awewek. Tapi Sundel yang juga tidak mau mencelakai Jangkrik merasa bingung dia harus bercerita ke Dombi atau tidak. Sundel cuma bisa nangis bombay sambil liat menara gereja Advent ama ke lapangan banteng: ia bayangkan dirinya adalah Pak Karno yang tidak ragu mengambil keputusan. Dombi bingung, Sundel bingung. Dombi minta tolong Sundel buat nemenin dia ketemu orang tuanya Awewek, sambil janjiin plesir ke Raja Empat plus wista indehoy ke lokasi-lokasi perempuan eksotis papua. Sundel mau menemani Dombi ke merauke. Tapi ia masi berpikir apa dia baiknya menolong Dombi saja daripada menolong Jangkrik.

Nah, apa yang terjadi saat keempat orang itu bertemu keluarganya Awewek?pastilah omongan-omongan yang berbeda dari empat orang yang ada. Pastina keluarga si awewek ngerasa bingung kan?!mana yang bener, mana yang salah. Dan itulah ang terjadi dengan film Rashomon.

Film ini nyeritain adanya 4 orang yang bersaksi soal matinya seorang samurai. Ada Penjahat jalanan yang namanya Tajomaru, ada penebang kayu yang katanya nyaksiin langsung pembunuhan si samurai, ada istri si samurai yang namanya Masako, dan pastinya ada si samurai yang terbunuh itu sendiri (yang dihadirkan cenayang/dukun buat bersaksi). Film ini nyeritain tentang betapa rentanya sebuah kesaksian yang tanpa bukti konkret. Film ini ngasi istilah "rashomon effect" di dunia akademis. Efek dari kesaksian yang tanpa bukti konkret itu adalah kebenaran yang subyektif, kebenaran dari sudut pandang personal, kebenaran yang sering kita alami akhir-akhir ini. Film ini menunjukkan betapa relatif, membingungkan dan absurdnya sebuah kebenaran jika berdasarkan pandangan subyektif. Setiap personal memiliki kebenaranya sendiri terhadap suatu masalah dengan didukung berbagai motivasi personalnya sendiri-sendiri. Film ini meminimalkan motivasi itu/hampir meniadakan. Tapi kita dapat meraba-raba/menduga-duga dikit-dikit. Dan inilah yang diceritain film ini, dugaan, spekulasi, perkiraan tidak cukup buat menyatakan kebenaran, ia perlu didukung bukti konkret.

Lalu yang jadi pertanyaanya adalah: gimana kalo ngomongin Tuhan?ato kesaksian orang-orang yang mengalamin stigmata, atao orang-orang yang ngalamin kejadian pernah ketemu mahkluk gaib ato orang-orang yang ngaku jadi nabi. Sebut saja begini; gimana membuktikan suatu kebenaran suatu masalah kalo masalah itu ada di luar akal manusia/imanen?Apakah mereka benar atau salah?ataukah mereka lagi make jurus relativitas kebenaran??

Friday, August 6, 2010

Sebotol cola di samping layar membawa saya sadar soal cahaya yang malu-malu keluar dari awan mendung

Saya kadang g paham tentang pagi hari. Di pagi hari semua kekacauan dan keteraturan dunia dimulai. Di sana, kita, manusia, ada dalam posisi yang ambigu; tidak jelas akan menghadapi apa saja plus berada dalam perasaan nyaman; kenyamanan yang ilutif. Yang bikin saya g paham, pagi hari sering mendapat banyak apresiasi bagus, indah, ciamik, mantab dan banyak apreisasi yang cenderung postif lainya (belum ada survei pasti si). Saya manusia yang belum nemu jati diri ini berada dalam posisi g paham, bagaimanakah pagi membuat perasaan kita sangat positif. Saya sering ketakutan dengan perasaan yang kadang bersifat ilusi itu. Tuhanku yang Maha Baik, tidakkah kita selalu mengerti hambamu ini ada di mana?!

Saya kadang g paham tentang nasihat, saran, simpati. Di dunia ini banyak sekali saya liat nasihat, saran, simpati dan banyak bentuk gagasan/ide yang cuma jadi omong kosong. Saya tidak paham bagaimana kita bisa bertahan dengan omong kosong dan kerja setengah-setengah. Dan sikap NATO ini lebih diminati, alesanya karena orang menilai orang lain dari omonganya. Bayangkan betapa kacaunya keteraturan yang diciptakan oleh alasan itu. Keteraturan itu mencipta dilema, membuat kita berada di pilihan tolol. Saya katakan tolol karena sepertinya ada semacam keterpaksaan yang membuat kita merasa, maaf kalo lebay, mengkhianati diri sendiri. Aih Tuhan, Tuhan yang Maha Tenang, siapakah pemilik riuh kesadaran dan ketaksadaran ini?

Saya kadang g paham tentang objek keindahan. Senja warna orange, cahaya matahari yang semburatan ddi awan mendung, perempuan/lelaki cantik/cakep. Bagaimana sedari kecil kita didoktrinasi oleh lingkungan dan dunia untuk memahami keindahan dalam mainstream umum?rasakan semuanya dengan perasaan. Apakah buruh lulusan SD paham di mana letak keindahan Bertha, andaikan pun ada, brapa persen si?Apakah seorang Andien menikmati betul pas bergoyang dangdut (yang saya artikan sebagai memahami keindahan)?Oh Tuhan yang membuatku merasa rendah, tidakkah bisa kau damaikan hatiku agar kutahu jika kau betul-betul kesempurnaan keindahan?

Saya juga g paham bagaimana waktu tidur kita diatur seenaknya oleh otoritas di luar diri kita. Yang mengerti kondisi kita dan situasi di sekitar kita ya cuma diri kita dan beberapa orang di lingkungan privat diri kita. Kok seenaknya ada orang ngatain kita mesti tidur minimal 8 jam sehari. Alasanya agar kesehatan badan kita tetap terjaga. Saya bayangkan berapa jam waktu tidur seorang buruh pabrik, waktu tidur baby sister, waktu tidur pembantu (pembantu embah saya yang kata tetangga-tetangga embah saya dapet majikan enak aja cuma tidur 5 jam!gmana kalo majikanya beringas?!).

Thursday, August 5, 2010

Rista dalam narasi serampangan

: R.A

Di manakah aku tinggal agar kau bisa mencintaiku?Oi rista, aku cinta kau tapi kenapa kau taruh cintamu di surga?

Rista, cinta yg di surga cuma jadi alat doktrinasi Tuhan yg narsis. Cinta yg di surga membuatmu lupa dunia, ia hanya mengingatkanmu untuk terus berdzikir memuja Tuhan. Oi rista, turunkan cintamu ke bumi.

Rista, cinta terlalu tolol untuk ditaruh di surga. Tapi cinta juga terlalu bagus untuk ditaruh di bumi. Cintaku adalah rindu berlebih yg membuatku tidak ingin ke surga. Cintaku bukan kesakitan berlebih yg membuatku menikmati tinggal di negara ini.

Tuesday, June 29, 2010

Prosa cinta untuk kau

: R.E

Cobalah kau jatuh cinta, biar nanti kau tahu kenapa ibumu sangat cinta kau. Ibumu mungkin saja sudah purna dengan perasaan saat ini, tapi apa kau tahu berapa banyak perasaan yang ia rasakan saat ia seumuran kau, saat ia harus merasakan makna dan beberapa perasaan cinta. Cobalah jatuh cinta, kalahkan dirimu, karena kapan hari nanti kau akan menang dengan senyuman, dengan segala bentuk paripurna Budha, dengan segala bentuk paripurna ibumu yang cinta kau sampai tulang sumsum.

Cobalah jatuh cinta, biar nanti ibumu tahu jika kau memang titisanya dari Sang Agung. Karena kau tahu, kaulah penerus rahim ibumu, yang akan melahirkan anak-anak rohani, anak-anak Tuhan: yang tidak sekedar merasakan hidup manusia, tapi ia juga merasakan perasaan alam, perasaan hewan dan tumbuhan, perasaan angkasa, perasaan surga-neraka. Ia yang kelak akan meneruskan cinta adam-hawa, ayah-ibumu, dan ia yang akan meneruskan cintamu.

Cobalah jatuh cinta. Sebab cinta lebih sulit dari kuliah, lebih memuakkan dari mencari pekerjaan, lebih menjengkelkan dari hidup. Tapi cobalah jatuh cinta, sebab kau akan berada di pilihan paling benar untuk membuka dirimu, untuk menyatakan pada dunia jika kaulah manusia yang teguh dengan dirimu, yang tidak sekedar ilusi. Cobalah jatuh cinta agar kau makin kukuh dengan kakimu, dengan dirimu, sebab cinta adalah hal dasar untukmu saat kau menyembah Tuhanmu, sebab cinta adalah hal paling dasar saat kau berhubungan dengan manusia, sebab cinta adalah hal paling dasar saat kau berhubungan dengan alam.

Sunday, June 20, 2010

Stop liputan bokep Ariel-Luna-Cut Tari

Saya lakilaki biasa. Saya suka video bokep, saya seneng foto-foto bokep, saya seneng hal-hal yang berbau bokep. Apalagi pas video bokepnya cut tari keluar, saya sangat senang, senang sekali. Secara cut tari adalah perempuan yang saya bayang-bayangkan suatu hari nanti saya bisa ML denganya. Siapa yang tidak suka dengan perempuan macam cut tari; rambut tebal-panjang, muka cantik, bodi elegan, dan senyum yang bikin hanyut itu. Saya yakin anda suka. Dan saya juga yakin Rhoma Irama (kampret itu) juga suka. Saya tidak terlalu suka Luna Maya. G tau knapa. Walaupun saya sering beralasan make kartu XL karena ada Luna Maya jadi bintang iklanya.

Okey, bolehlah ini dikatakan sebagai motivasi, alesan pribadi saya kenapa saya jengah dengan liputan-liputan soal Ariel-Luna-Cut Tari. Tapi alesan saya lebih dari itu. Kita suda over nee...sudah melebihi kewajaran kita (yang sudah terlampau krisis ini)

Tidakkah kita sudah terlalu banyak diteror dengan liputan gosip dan isyu murahan?!Yang anak SBY jadi sekjen demokrat-lah, yang mantan HMI dan anggota KPU yang penjilat itu jadi ketua partailah. Yang anak Ical kawin besar-besaranlah, yang artis jalan-jalan ke Amriklah dan mesti diliput pulalah. Yang Presiden sok-sokan umroh dan buka muktamar dari madinah-lah. Tidakkah ada berita yang lebih realistis dan ngasi pengaruh positif besar buat kita?

Kalo emang tidak ada. Hentikanlah segala bentuk berita negatif buat masyarakat ini. Terutama berita video ariel-luna-cut tari. Mereka bertiga itu manusia. Wajar aja mereka ngeseks, mereka punya naluri seks. Jangan sok ngingkari anda-anda (jelas-jelas saya menunjuk orang Jakarta yang penuh bias itu) g tau betapa wajarnya seks di lingkungan privasi anda. Dan selingkuh?what?!apa anda orang Jakarta itu orang paling naif di dunia?engga kan?anda juga tau kan betapa wajarnya orang berselingkuh?!So, please deh, tolonglah anda hentikan berita-berita itu. Gunanya buat anda emang saya yakin cuma satu; sensasi yang ujung-ujungnya duit. Tapi tolonglah, nurani kita makin hancur kalo sudah berlebihan dan berkepanjangan begini liputanya. Tolong hentikan.

Kita sudah jengah, bung!Sudah terlalu banyak hal kotor di sekitar kita, janganlah diperparah lagi. Janganlah berada di balik alesan-alesan naif dan sok moralis. Hidup kita butuh refreshing, lebih perlu hal yang idealis kayak filmnya Lola soal TKI, ato filmnya Sihasale soal Tim-Tim. Ayo Bung!!Janganlah diperpanjang ideologi mencari sensasi dan duit itu!Masyarakat emang suka, pasar emang lebih menjajikan, tapi bung, mau ke mana kita kalo cuma jadi robot tukang gosip macem gini?!

Kisah kecil remote TV

: Ariel, Luna dan Cut Tari

Apa sudah berhasil kau tangkap
Remote terbang itu; sayapnya jalang
Pikiranya mandul, ia tak sedih-senang
Ia hanya ingin ke kepalaku, onani di sana

Sejak tadi ia kacau dengan dirinya
Ia ganti saluran-saluran TV kita
Ia meracau soal harga moral, juga cinta

Segeralah tangkap ia, segeralah.
Aku tak tahan dengan ocehanya di TV
Kau cabut baterainya, biar ia bisa kuinjak

Biar ia paham jika ia bukan siapa-siapa
Dan agar kita bisa bercanda tanpa gangguanya
Aku pun bisa lupakan kenyamanan darinya

Asal kau tetap ada di pinggirku
Mengganti-ganti channel TV kita
Meneruskan cintamu yang sejak dulu
Dihalangi cerita-cerita onani si remote

Tuesday, June 8, 2010

Di sini aku cinta kau

Di sini aku cinta kau
Di pekat pinus-pinus, angin terjemahkan dirinya
Sinar bulan bagai sinar fosfor di air musafir
Berhari-hari, semua yang sejenis, berkejaran satu sama lain

Salju berderai dalam tarian dansa
Camar perak turun landai dari barat
Sesekali layar kapal. Tinggi, bintang-bintang yang tinggi
Oh, salib hitam kapal
Sebatang kara

Sesekali aku sadar secepat mungkin, tapi jiwaku telah basah
Teramat jauh laut bersuara dan bergema
Di sinilah dermaga

Di sini aku cinta kau
Di sini aku cinta kau dan ufuk langit jadikan kau fatamorgana
Aku cinta kau di antara banyak hal yang dinginnya tak mau berubah
Sesekali, beberapa ciumanku serupa kapal-kapal baja
Yang jelajahi samudra tanpa batasan arah
Akhirnya aku terlupa, macam jangkar-jangkar tua

Dermaga begitu menyedihkan saat sore tambatkan dirinya
Hidupku tumbuh dalam kelelahan, kosong tanpa tujuan
Aku mencinta apa yang tak kupunya. Kau yang begitu jauh
Segala perasaanku bergumul dengan redup senja
Lalu malam datang dan mulai bernyanyi untukku

Bulan memutar mimpi-mimpi malamnya
Bintang terbesar memandangiku lewat matamu
Dan waktu aku cinta kau, pinus-pinus yang dikitari angin
Ingin menyanyikan namamu dengan daun-daunya yang berdawai

(Puisi Pablo Neruda yang diterjemahin aku)

Wednesday, June 2, 2010

Siapa sajakah perempuan yang perawanya hilang di tangan seniman?

Sebelum saya mau nulis ini, saya ketawa ngeliat status fesbuk temen saya: "Jangan banyak berharap cinta pada seorang seniman.." Saya yang tidak terlalu dalam ngerti soal kehidupan seniman (walopun aslinya saya ngerti gaya hidupnya) jadi merasa konyol baca status itu: bukankah seniman adalah orang yang mengagung-agungkan cinta dan perasaan, tapi kok ya ngapa kalimat temen saya jadi pesimis gitu ya?!

Saya yang jomblo berat ini berharap suatu hari, entah kapan tapi diramalkan sekitar 2 tahun lagi, akan dapat pacar. Ya tentu dong, itu sebuah harapan terbesar dari seorang jomblo berat macam saya. Tapi saya yang jomblo berat ini ternyata bergaya hidup yang sangat slengean, seperti Hari di film "hari untuk amanda" atau seperti Kaka dan Bimbim yang cuek bebek saat dunia sekitarnya bergaya hidup jelas. Saya ini mendekati absurd, bohemian dan kocar-kacir (kata kocar-kacir ini saya dapet dari temen saya yang ngelamar saya soal kapan saya dapet pacar)

Okeyh sodara, 2 paragraf di atas saya tidak tahu arahnya ke mana. Gini aja, saya mau cerita soal pentingnya menjaga kesehatan dan pentingnya punya charger handphone.

1. Pentingnya menjaga kesehatan; anda g begobego amat kan untuk ngertiin gimana pentingnya njaga kesehatan?!ya anda pasti tahulah gimana kalo badan sakit anda g akan bisa ngerasain ereksi ato orgasme. Anda juga g bisa nikmatin enaknya bermain main di sekolahan sambil makan martabak ato anda g akan bisa ngerasain betapa enaknya masakan rumah itu (ya kecuali ibu anda benerbener g bisa masak). Tapi sebenernya sakit itu juga ada enaknya kok. Anda bisa ngerasain betapa banyaknya orang yang menjaga dan ngelindungin anda. Bisa nemu alesan buat makan masakan yang anda beri pantangan (mungkin pas sehat anda ngelarang diri anda buat g makan ayam McDon, tapi begitu sakit kan bisa ada alasan buatmu makan ayam McDon). Anda juga bisa nikmatin betapa empuknya kasur anda, juga bisa ngehayatin isi kamar yang penuh ama foto-foto keluarga anda.

2. Pentingnya charger handphone: kalo ini zaman batu mungkin saya akan panjang jelasin betapa pentingnya charger handphone. Tapi berhubung ini zaman kepala batu, jadi ya g perlu dijelasin ya. Kalo anda kehilangan charger handphone, segeralah beli charger handphone, karena tidak ada yang lebih utama daripada charger handphone. Jangan percaya ama gombalan tukang counter HP buat make desktop. Selalu utamakan charger handphone, karena tanpa handphone anda tidak bisa ngobrol lewat headphone.

Maaf sodara, bukanya apa. Saya ini sedang memperingatkan anda. Bukankah zaman sudah mengajarkan pada kita bahwa nasib adalah kesunyian masing-masing. Yang penting di dunia ini adalah materi, sodara-sodara. Kesehatan, charger handphone dan semacamnya itu mesti dicari lebih dulu, mesti diutamakan, karena siapa tahu besok harga obat-obatan dan charger dah pada naik (absurd tenan, cah!!) tapi masalah kesunyian?kalo tiap jam 12 malam anda ambil air wudlu dan sholat, saya jamin anda dah dapet kesunyian. Sunyi itu g susah dicari. Banyak. Mau nyari yang model apa pasti ada. Mau nyari yang model elvis presley ato model inul daratista juga ada. G ribet.

Nah, inti tulisan ini adalah; jika anda lapar dan merasa sekeliling anda banyak yang mesum (maklum, ni warnet eksis banget ama hal-hal mesum) mulailah anda mencari-cari siapakah artis cewe indonesia yang bakalan bisa mengalahkan julia perez sebagai bom sex negri ini.

Jika kau lupakan aku

Aku ingin kau tahu
Satu masalah

Kau tahu artinya ini;
Jika kulihat
Bulan yang mengkristal di ranting merah
Saat musim gugur yang melambat di jendela
Jika kusentuh
Di dekat api yang membakar
Abu yang tak mampu teraba
Atau keriput tekstur kayu
Semua halnya membawaku padamu
Seolah segala hal
Wewangian, cahaya, logam-logam
Membentuk perahu kecil
Yang berlayar
Menuju pulau-pulau yang kau siapkan untuk kedatanganku

Dan saat ini
Jika pelan-pelan kau henti cintamu padaku
Aku pun akan hentikan cintaku padamu dengan perlahan

Jika tiba-tiba
Kau lupa aku begitu saja
Jangan kau cari aku
Karena aku pun sudah lupa padamu

Jika kau merasa percuma dan gila
Akan angin kemerdekaan
Yang melewati hidupku
Dan kau putuskan
Untuk tinggalkan aku di tepian
Hati di mana asal muasalku berada
Ingatlah
Pada hari itu
Pada jam itu
Aku akan tarik kembali pelukanku
Dan akan kuangkat sauh sejarahku
Mencari pulau-pulau lain

Tapi
Jika tiap harinya
Jika tiap jamnya
Kau merasa jika kau dicipta untukku
Dengan rasa manis yang tak terbilang
Jika tiap harinya ada bunga
Yang mendaki bibirmu untuk mencapai diriku
Duhai cintaku, duhai bagian hidupku
Dalam diriku semua gejolak api itu terpelihara
Dalam diriku takkan ada yang padam atau terlupa
Cintamu menyalakan cintaku, duhai cinta
Selama kau hidup cintaku akan terus dalam pagutanmu
Tanpa pernah meninggalkan aku


(puisi Pablo Neruda yang diterjemahkan aku)

Untuk kedatangan hujan-hujanmu

Ibuku adalah paus, si pengatur lautan
Ayahku angin, ia jelajah daerah utara dan kembali ke timur tiap musim jadi dingin

Selebihnya adalah aku

Pesan dalam botol yang terdampar di pantai
Pasirnya ciuman hangat matahari
Gelombangnya gelegak lagu yang buat aku menari

Yang buat aku meliarkan diri hingga batas-batasku
Hingga akhirnya kau ada di sana

Oh duhai pelaut negri malam yang berlayar sendirian

Samudra menjelma gereja
Dan cuaca jadi keheningnya

Oh pelaut, aku merindu. Masih aku merindu
Atas kedatangan hujan-hujanmu


(puisi Ghe Desafti yang ditranslate aku)

Tak kudapat kau di senja juni

R.A

Cinta adalah senja
Yang tak telat datang

Tak ada ruang tersisa
Tiap dada kita bersiap
Jadi bulan

Waktu tak menunggu
Bintang-bintang
Telanjang pada juni

Tuesday, May 11, 2010

3 idiots: film india yang g seidiot film india lainya

Film ini nyeritain sesuatu yang standard banget; ada 3orang mahasiswa baru yang masuk fakultas teknik dan film ini nyeritain selama mereka di fakultas teknik. Latar belakang ketiganya (terutama ekonomi dan motivasi masuk kuliahnya) yang menjadi warna di film ini. Saya pikir, banyak banget kita nemuin kejadian kayak begini ini di Indonesia. Dan kemudian, film ini menjadi khas india karena; jalan ceritanya yang gampang ditebak, happy ending buanget, dan tentu saja goyang goyang india yang bisa nyelesain masalah yang ada di film ini.

Jalan ceritanya: 3 orang mahasiswa sekamar yang kemudian jadi sobat baik. Satu dari 3 orang itu, jadi orang yang sangat rebel banget terhadap kampus tapi sangat cerdas banget. Dia hadir di kampus dengan latar belakang keluarga orang kaya. Dan biasalah orang kaya pasti punya kemampuan lebih untuk bisa menggabungkan kerebelan dan kecerdasan jadi satu.
2 orang lainya; yang satunya adalah seorang cowo yang berasal dari keluarga yang sangat-sangat miskin. Dia masuk ke fakultas teknik dengan harapan ntar pas lulus langsung dapet kerja dan bisa jadi penompang hidup keluarganya.
Cowo yang satunya lagi berasal dari keluarga menengah india, dari keluarga cowo ini kayaknya kita bisa narik gambaran besar keluarga india; mereka sudah menentukan ke anak mereka sedari baru lahir bakalan jadi apa anakna mereka kalo dah gede ntar. Mereka rela berkorban banyak agar si buah hati harapan keluarga bisa mencapai mimpi keluarga. Kurang lebihnya kayak si babe dan keluarga si doel di cerita "si doel anak sekolahan"; keluarga yang sangat tuff dan kuat. Sayangnya, si anak buah harapan keluarga itu g sama harapanya dengan keluarga soal pekerjaan apa yg dilakoninya buat nopang hidupnya.
Nah 3 orang ini ngejalanin hidup mereka di asrama dan kuliahan. Film ini ceritain hal itu dengan alur cerita flashback. Dan ini yang spesial dari film ini; cara penceritaan dan bagaimana visualisasi penceritaanya.

Happy ending buanget; salah satu alesan knapa saya agak benci india karena itu, semua masalah selalu happy ending. Dan di film ini happy endingnya adalah happy ending buanget.
Goyang-goyang India; jeleknya film ini ya cuma 3; jalan ceritanya yg gampang ditebak (masih bisa ditolerir banget kalo ini), happy ending buanget (yah, masih okeylah buat ditolerir). Tapi goyang-goyang india jadi suatu kesalahan fatal buat film bagus ini; benerbener g bisa dimasuk akal, gmana caranya benerin hasil praktikkum dengan nari-nari india (di kamar mandi pula)

Selain 3 kesalahan itu, dan soal animasinya yang kerasa ada kasar-kasarnya, film ini asek banget secara keseluruhan.

Friday, May 7, 2010

Senja di kepala rista

Senja jadi sepi
Rista tak menepi
Angin mencari camar
Awan hilang
Angin ngambang
Rista hendak jadi malam

Senja di rista
Membayang waktu
Daun-daun jatuh
Bangku-bangku kosong
Kata-kata datang-pergi
Burung-burung imigrasi
Ke matamu yang merindu
Yang tak berbuat
Seolah senja adalah fajar

Saturday, May 1, 2010

Senja di smoking room

:R.A

Aku tak tahu mencari apa
Di asap rokokmu
Hatimu bening, rinduku pilu
Senja menawarkan gedung-gedung
Untuk percakapan
Kata-kata dan harum tembakau
Berharap kita diam
Di kenangan ruangan ini
Mempersempit dingin
Yang makin sunyi

Aku tak mengerti perihal
Pencarian. Cinta itu
Serba terlanjur
Kata-katanya beku
Sebagai polusi
Mencari jalan baru
Kenangan pergi,kenangan datang
Mau ke mana kita

Friday, April 30, 2010

Senja di taman kota

:R.A

Pada suatu hari nanti
Aku akan mengataimu
Bersama daun-daun gugur
Dan senja tanpa melankolia

Kata-kataku menjadi kau
Dan rindu yang ngungun

Kupastikan kau sebagai pelarian
Kata-kata di taman kota
Serta malam yang tak kau beri
Purnama dan embun pagi

Daun-daun jatuh menutup taman
Membaurkan kau dengan senja;
Aih, rindu ngungun
Bagaimana kau datangkan malam

Thursday, April 1, 2010

Cinta yang nanar

R.A

Tak perlulah kau jadi kupu-kupu
Senja di sekitarmu cukup
Membuatku ingat riwayat
Taman kota di pikiranku

Kutahu kau di tiap pilihamu
Sebab subuh mengajarkan
Jika kaulah kuntum
Yang terangin-angin nakal

Menyebut namamu adalah
Kesepian malam hari
Kau yang semacam bulan
Membuatku merasa jadi bintang
Yang lugu dengan kesetiaan

Wednesday, March 31, 2010

Andaikan saya bisa berenang

Saya akhir akhir ini sedang ngamatin seseorang, laki-laki umur 30an akhir. Lakilaki ini punya segala apa yang bikin lakilaki lain iri, hidup mapanlah maksudnya: istri yang menyenangkan, anak yang lucu, kamera SLR dengan lensa yang diidam-idamkan, BB, mobil, rumah, pekerjaan, pembokat. Siapa yang tidak iri?!

Saya menjadi iri karena saya ternyata tidak tahu apa saya punya arah ke sana. Sedang di sisi lain saya pengen berada di titik itu. hhhrrr.....saya bayangkan tiap pagi hari, bangun sholat subuh, dah mandi dan dah ada sarapan yang disiapin istri dan langsung tancep kerja, bukankah itu kenikmatan paling mapan sebagai lelaki. Abis pulang kerja ketemu anak ma istri, mainmain ma anak dan istri, tidakkah itu menggoda. Setiap weekend pergi hang out ama keluarga kemanamana. Kalo g hang out ya diem di rumah, dimasakin makanan spesial ama istri, maen ama anak dan ponakan-ponakan yg dateng ke rumah.

Hehehehehehehhe......saya tidak perlu terlalu rinci deh jelasinya, yang penting sudahada gambaran betapa mapanya lakilaki yang saya amati ini. Dan saya iri padanya. Saya tidak tah apa iri saya ini sesuatu yang punya arti, karena makin lama saya amati dia makin lama pula saya minder dan merasa g ada apa apa di depan perempuan. Saya juga tidak tahu pas nulis ini apa ya perempuan jadi simpatik ato justru marah.

Saya sendiri kadang heran, apa yang bisa dibanggain dari saya?g ada ternyata. Dan itu artinya saya g punya modal buat gaet cewe. Saya kadang merasa mesti keluar dari diri saya sekarang ini karena banyaknya kalah yang mesti saya terima, trus berganti jadi lakilaki yang saya amati. Karena satu hal lagi yang paling menonjol, laki-laki ini pintar berenang.

Dengan hati

: R.A

hafalan al fatihah dan radio kendara
meminta kami menjadi sadar diri
pada hati yang kami tinggal
di jalan sepi tiap pagi

duh Tuhan, segala diri kami
ingin menepi, memberi ruang
bagi mereka yang menafkahi
anak-istri


diri kami yang tak diam
menjawab pembicaraan orang
serupa anjing melawan maling

duh Tuhan, segala diri kami
ingin mengajak kembali mereka
pada hakikat, pada nurani
yang Kau cipta


kami adalah mahkluk produk pengasapan
knalpot dan AC gedung kantor kami

duh Tuhan, kami bukan teh manis
yang kami mubazirkan
setelah kami teguk setengah

kami mengaduh, sadar sementara
sambil membayang letak kami
di depan nurani kanak kami

duh Tuhan, kembalikan kami
jadi manusia

Friday, March 26, 2010

The Exorcism of Emily Rose: film horor yang penuh drama

Film lama yang nyeritain tentang disidangnya seoarang pastor karena dituduh ngebunuh cewe. Cewe ini sebenernya kerasukan arwah, tepatnya lucifer, si ular kuno. Film ini berdasar kisah nyata, dan ternyata emang kuburan si cewe, yang aslinya bernama Anneliese Michel. Film gabungin dua adegan cerita jadi satu. Yg pertama, cerita pas si emily rose mulai kerasukan dan prosesnya pas dia ngalamin ritual pengusiran setan ampe kemudian dia mati. Yang kedua, cerita tentang si pastor dan pengacaranya yang ngejalanin sidang karena si pastor dituduh ngebunuh emily rose.

Banyak kali film yang bertema hubungan antara manusia-setan-Tuhan dari sudut pandang agama nasrani. Stigmata, Constantine dan banyak lagi contohnya. G ada yang terlalu menarik di film ini, kecuali film ini didasarin kisah nyata. Bayangin deh, gmana seorang yang taat agama menjadi inang lucifer (berdasarkan kesaksian emily rose yang ditulisnya, Bunda Maria ngomong kalo tempatnya Lucifer ada di badanya. Jadi menurut saya, tepatnya emily rose bukan kerasukan tapi sudah menjadi kewajaran jika lucifer ada di badan emily rose karena memang di situlah tempat lucifer, huehehehehehe....menantang sekali ya pendapat saya?!) dan dia dengan ikhlas ngerelain badanya jadi tempat lucifer dan dengan ikhlas pula dia milih hidup dengan konsekuensi disakitin terus ama lucifer. Dia milih hidup terus karena dia ingin nunjukkin pada dunia kalo setan dan Tuhan itu ada.

Nonton film ini, saya jamin anda g kayak liat film horor. Memang ada adegan horonya si tapi g sebanyak film horor biasa, apalagi film horor Indonesia. Nonton film ini bikin anda tersentuh. Film ini tentang pengorbanan manusia. Soal gimana dia milih terus ada di jalan kesakitan demi orang banyak agar orang lain tetep sadar tentang Tuhan dan setan

The proposal: film cinta yang membuat berpikir birahi dengan sandra bullock

Ini film yang sangat ringan. Seringan kapas. Tentang seorang perempuan usia tengah baya, editor-utama perusahaan penerbitan, yang akan dideportasi ke kanada dengan asistenya yang masih muda dan lajang dan cenderung kalem. Saya g perlu nyeritain kisah film ini, liat sendiri di google, saya setuju aja dah ama yang dikatain ama google soal film ini. Tapi yang pengen saya omongin di sini adalah betapa bagusnya dan betapa mempesonyanya sandra bullock.

Y mungkin karena tuntutan film-film cinta di mana si cewe mesti selalu terlihat cantik, makanya sandra bullcok keliatan cantik. Tapi liat deh, gmana menggairahkanya sandra bullock, damn god!saya jadi ingat seorang perempuan yang juga sama menggairahkanya kalo tiap kali dilihat. Cantik dan mempesona

Saturday, March 20, 2010

Merantau: film bagus yang banyak sayangnya

Film merantau ini udah tayang kurang lebih setaun yang lalu. Dan pas saat premiernya, film ini cukup nyedot perhatian penonton. Film ini ngebawa pesan idealis dari sutradaranya, yaitu ngenalin budaya silat indonesia, minang khususnya. Sangking idealisnya film ini, banyak banget hal kecil yang diabakan sutradara di cerita dan logikanya. Ini dia hal kecil yang diabaikan itu:

1. Keranjang tomat yang dibawa yudha pas dia metik tomat. Keliat jelas pas dia di dapur rumahnya. Keranjangnya masih terlihat bersih dan baru. Padahal di dapurnya sudah banyak tomat yang dipetik, dan kemungkinan tomat-tomat itu dipetik make keranjang yang dipake yudha itu. masih bisa ditoleransi, keranjang itu memang masi baru dan baru dibeli yudha sebelum dia metik tomat.

2. Bekal bawaan yudha yang cuma tas kecil. Dia sedang ke Jakarta dengan niatan awal mengadu hidup (yang artinya dalam waktu lama), g terlalu masuk logika bekal bawaanya sesedikit itu. Emang masi ada kemungkinan yang agak logis, dia bakalan beli ato dkasi ama orang yang jadi tujuanya di jakarta.

3. Bus yang dipake yudha dari kampungnya ke jakarta. Bis sekecil itu dipake buat nempuh perjalanan sepanjang padang-jakarta. Bus antar propinsi g mungkin sekecil itu. Jakarta-padang jaraknya kurang lebih 900an kilo, dan bis mini yang dipake itu jelas g kuat menempuhnya. Kedua, pemberhentian bis antar propinsi bukan di halte umum pinggir jalanan jakarta tapi di terminal bis ato garasi bis.

4. Tempat proyek yang dijadiin tempat bermalam yudha. Selama 3malam, yudha tidur di pipa beton di sebuah proyek. Yang g logis adalah tempat proyek itu g punya penjaga malam. Ngeliat pagar sengnya, dan gampangnya yudha masuk ke lahan proyek itu, bukankah lahan proyek itu sangat rawan pencurian di lingkungan jakarta. Apa ya sebodoh itu kontraktor proyeknya?Dan lihat letak barang-barang di proyek itu. Selama 3hari posisi barang-barang tidak berubah sama sekali; molen beton, drum kuning dan tangga besinya.

5. Pas yudha sarapan di hari kedua di jakarta, harga sate ayam cuma 6000 rupiah. Harga sate ayam cuma 6000 rupiah?betapa murahnya harga sate ayam di jakarta.

6. Pas yudha nelpon ibunya di kampung dia make telpon umum pinggir jalan. Telpon interlokal make telpon umum di pinggir jalan?God damn!!mana bisa nelpon interlokal make telpon umum pinggir jalan. Dan cuma make duit recehan seribuan.

7. Selama 3hari 3malam, yudha g ganti baju dan g ganti dan g diliatin apa dia mandi ato bersihbersih badan tapi badan, muka dan bajunya tetep keliatan necis, bersih, g kumal sama sekali. Saya g nemu logikanya. Dia mulai terlihat kotor pas di hari keempat, pas dia mulai bertarung, pas klimkas.

8. Uda eric yang dibunuh dengan menghabiskan seluruh isi pistol 2 bodyguard ratger di dalam lif. Kuat betul uda eric ini. Dan dia pun masi bisa bergerak. Gimana logikanya seorang yang diberondong banyak peluru masih bisa bertahan hidup dalam beberapa menit?walopun ada logika alternatif, yaitu tembakan 2 bodyguard itu kebanyakan meleset. Tapi gmana logikanya seorang penembak meleset menembak dengan jarak sejelas dan sedekat itu. Terkesan sekali, adegan ini mencari kesan herois.

Udah, itu aja hal kecil yang terlihat banget sangat diabaikan sutradara di film ini. Silahkan cari yang lain, karena masih banyak.

Friday, March 5, 2010

The hurt locker: film yang sangat lebih yahud daripada avatar

Sebelum film dimulai, anda dikasi prolog "war is drug"

Ini film tentang seorang maniak penjinak bom. Kalo anda orang yang sangat tertarik dengan dunia adrenalin, percayalah, film ini sangat menggoda buat ditonton. Film ini g mamerin kecanggihan tekhnologi perfilman, g juga mamerin adegan melankolis yang serba lebay, g mamerin adegan seks. Film ini g terlalu banyak ngasi dialog-dialog berat yang meres otak, film ini semacam film dokumentasi dari dunia yang menggoda adrenalin. Film ini nyajiin dan mamerin adrenalin.

Bayangin anda seorang tentara yang ada di negara yang warganya punya tingkat kenekadan dan militansi tingkat tinggi, yang tiap hari siap meneror anda dengan serangan senjata. lalu diperparah lagi anda masuk anggota tim penjinak bom dengan komandan yang tingkat kenekadan dan militansinya sama tinggi dan g punya bakat memimpin plus cenderung g perduli ama anak buahnya....serem?merasa sakit jiwa?itu yang dialamin 2 orang anggota dari 3 anggota group penjinak bom angkatan darat amerika ini.

Kalo si komandan ini lahir di Indonesia, kita langsung bisa nyimpulin kalo dia itu hampir pasti anak surabaya yang bersifat bonek. Boneknya si komandan ini bukan sembarang bonek. Si komandan ini punya pengalaman njinakkin bom sebanyak 800an bom, dan dia secara g langsung ngaku ke anaknya kalo dia cinta kerjaanya yang nantang adrenalin dan hidupnya itu.

Ketegangan, nekad, dinginya dan manusiawinya si komandan ini benerbener ditampilin dengan pas, seringnya cuma dalam bentuk visual, g make dialog. Nonton ini kita benerbener ditantang buat mikir kontemplatif; nyeimbangin adrenalin kita dengan otak kita pas ngelakuin sesuatu.

Tuesday, February 16, 2010

Hujan yang menjelma

1/
Sebagaimana kau, hujan adalah pemberhentian
Ia memaksakanya dengan aroma tanah
Dan muasal manusia

2/
Genangan air menyatu
tak berakhir ke sungai
tinggal menunggu
matahari

Menunggu kembali
jadi uap atau embun

3/
Emperan toko adalah hatimu mungkin
Di sana ada bir keras, buku sajak
Entah siapa meninggalkan
Tuhan tak pernah bercerita
Tentang kebetulan
Atau melankolia

4/
Lampu kota dan papan iklan tak pernah riang
Selalu merasa kalah dengan bulan dan bintang

5/
Siapa yang pertama menamai rintik air langit ini
Hujan. Bukankah air mata lebih baik
Sebagai namanya.

Atau sang penama mendapat mimpi
Perihal air paling suci
Yang berasal dari surga
Dan ditempatkan di mata

6/
Sebagaimana hujan, dingin adalah tempat
Yang tepat meletakkan kenangan
Ia kekal menyimpan rahasia
Dengan suhu serendah mungkin

Agar suatu hari, saat kau hangat betul
Kau akan membukanya

7/
Jalanan dan taman kota
Terus dibangun dengan harapan
Kita bisa membawa senyum
Ke dalam kota. Tapi kitalah kota itu
Dengan hibuk kendara, dengan pohon
Yang ranggas, yang tak akrab
Dengan kita, dengan perasaan manusia.
Aih kota, kotaku yang sedari tadi hujan
Kemana aku bawa polusimu, ke mana
Aku letakkan senyum asliku.

Sebab rindu tak ingin artifisial
Tak ingin jadi puisi dari penyair murahan

8/
Kemarilah kau duhai hujan, kemarilah
Rasakan aku dengan airmu
Jangan kau lari ke selatan
Jangan kau mau dibawa angin
Ia menipu, ia tak membawamu
Ia akan menghabiskanmu
Di lautan. Di pekat malam nanti
Yang dipenuhi dendam
Kesepian

Kemarilah kau hujan, kemarilah kau
Duhai ruang munajat, duhai ruang dzikir

9/
Semacam daun
Akan ada yang terbang
Dan diam membusuk
Bukan kita
Tapi rindu
Yang berlebih
Menjejalkan utopi
Ke jejak kakiku
Yang dekil
Sedari kecil

Semacam daun
Akan ada yang tetap tinggal
Dan jatuh gugur
Hujan adalah taruhan
Daun-daun. Kau dan aku
Dipertaruhkan
Di rindu
Yang dikerdilkan
Sedari kecilnya

10/
Di antara bir keras, buku sajak
Malam tak henti berjalan
Ke pagi, ke matahari
Tapi sudah kutulis namamu
Di dinding toko ini (yang tak rubuh
Oleh manusia, sebab peraturan
Perlindungan benda purbakala)

Di antara bir keras, buku sajak
Malam tak henti berjalan
Tapi kau sudah kubikin
Seabadi mungkin

11/
Andai ada cara, atau klenik
Yang bisa merubahmu jadi hujan
Aku akan pertaruhkan hidupku untuk itu

12/
Sebagaimana hujan, kau tak akan berhenti
Membuaikan aku dengan kesunyian
Untuk raib ke dalamnya

Friday, February 12, 2010

Solilokui air mata

: R.A

Menulismu tak lebih baik
dari bahasa yang hadir
di tiap kehadiranmu
di tiap lingkupmu

Menangisimu adalah pusaran waktu
berpuluh warna dan usia
menumpuk tubuh
menjadi remah-remah

Pernahkah kau bayangkan cinta
dan suara-suara alasan
di luar sana. Aku memujamu
sebagai rindu tak berwujud

Rindu pada rentang hidup
pada langkah yang kau jiwai
yang selalu kalah oleh waktu
dan usia yang mencuri
kanakku akanmu